Naruto manGas

Senin, 23 Maret 2009


Nokia 5800 XpressMusic



Full Akses via Layar

Dengan layar besar rasanya puas menikmati sajian hiburan pada ponsel musik ini. Semua menu yang ada diakses pada layar dengan tekanan jari dan stylus pen.

Gebrakan baru dilakukan Nokia pada seri Xpress Music. Seri terbaru Nokia 5800 Xpress Music tampil beda dari para pendahulunya. Pada bodi ponsel tidak ada jajaran keypad numerik dan tombol-tombol navigasi untuk mengakses menu. Semua menu diakses melalui layar sentuh resolusi 640 x 360 Pixel. Tombol yang tersedia adalah tiga tombol di bawah layar untuk panggilan, mengakhiri pqanggilan serta tombol menu. Dan tombol volume serta akses langsung kamera di bagian kanan ponsel.
Ponsel dengan layar sentuh ini sempat diisukan menjadi saingan iPhone. Namun Dominikus Soesanto, Man
ager Produk Nokia Indonesia menegaskan, Nokia 5800 bukan saingan iPhone, karena segmentasinya berbeda. Layar iPhone hanya bereaksi pada sapuan jari tangan, sedangkan teknologi yang dibenamkan pada layar Nokia 5800 bereaksi terhadap segala macam tekanan, baik jari tangan dan stylus pen.

LAYAR
Pada layar dibenamkan sensor accelerometer, sehingga bisa diakses dalam keadaan landscape maupun portrait. Saat ditekan, tingkat kesensitifan layar cukup baik, dan dapat bereaksi dengan tangan, stylus maupun ple
ctrum (tersedia pada paket penjualan). Di bagian kanan atas terdapat simbol +>, yang jika ditekan berfungsi sebagai akses langsung ke menu-menu multimedia. Dalam keadaan siaga, icon-icon seperti jam, konektivitas dan profile juga bisa menjadi akses langsung.
Pengujian : Menguji tingkat kes
ensitifan layar terhadap tekanan jari dan stylus.
Nilai : 3,6.
Catatan : layar dengan konsep layar sentuh mudah kotor terkena cap jari.

MUSIK
Namanya saja Xpress Music, sudah pasti fitur musik jadi jagoan.. Kualitas suara saat memutar musik tak perlu diragukan. Tetapi terdengar lebih oke jika didengarkan via headset. Disediakan 8 pilihan frekuensi equalizer utuk memaksimalkan suara. Selain suara yang jernih, ponsel ini juga menawa
rkan kemudahan membuat playlist serta memainkannya. Ada juga hiburan musik via radio FM yang mampu menampung 19 stasiun radio.
Pengujian : Mendengarkan lagu Aku Ada dari Dewi Lestari feat Arina.

Nilai : 3,3.
Catatan : slot untuk headset menggunakan ukuran 3,5 mm AV.

INTERNET
Kenyamanan mata saat browsing internet sangat terjaga dengan layar resolusi 640x480 Pixel. Koneksi internet bisa berjalan di jaringan HSDPA dengan kecepatan hingga 3,6 Mbps. Saat koneksi internet sedang berjalan, layar ponsel mampu menampilkan history berupa halaman web yang telah diakses. Ada tiga halaman web yang bisa ditampilkan dalam satu layar. Pengaturan untuk koneksi internet sudah otomatis, sehingga memudahkan penggunaannya.
Pengujian : Membuka halaman facebook.
Nilai : 3,3.
Catatan : Untuk memperbesar halaman web bisa dilakukan dengan menekan layar 2x.

KAMERA
Kekuatan kamera yang dibekali adalah 3,2 MPix dan dilengkapi dengan lampu flash. Tampilan hasil jepret foto pada layar terlihat biasa saja, namun begitu dipindahkan ke komputer kualitasnya tidak mengecewakan. Pengaturan kamera dan gambar yang tersedia standard ala Nokia, seperti wh
ite balance, contrast, ISO, colour tone, sharpness dan lainnya. Semua ditampilkan dalam bentuk icon-icon dan diakses dengan menekan layar. Hasil jepret kamera bisa dishare pada web Flickr dengan cepat dan mudah.
Pengujian : Foto luar ruangan pada pagi hari.
Nilai : 3,1.
Catatan : Tidak tersedia fasilitas photo editor.

VIDEO
Keunggulan video milik Nokia 5800 adalah kualitas maksimal sekelas siaran TV. Hasil rekam video juga bisa ditampilkan di layar TV dengan koneksi kabel TV Out. Resolusi maksimal video yang ditampilkan saat ditransfer ke komputer adalah Pengujian : menyaksikan hasil rekam video di komputer. Hasil rekaman video bisa langsung diupload menggunakan aplikasi Qik yang tersedia di menu aplikasi.
Pengujian : Merekam video d
engan kualitas widescreen high quality.
Nilai : 3,1.
Catatan : Lampu flash bisa dimanfaatkan untuk merekam dalam kondisi gelap.

MESSAGING
Tersedia empat pilihan metode untuk menulis pesan, yakni QWERTY keyboard, mini QWERTY, Handwriting, dan Alphanumeric keypad. Ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna mudah mengetik pesan sesuai kebiasaan. Fasilitas pesan yang bisa dilakukan mulai dari SMS, MMS hingga email. Pensinkronisasian dan pengaturan email di ponsel sangat mudah dilakukan.
Pengujian : Mengirim email dari ponsel.
Nilai : 3,1.
Catatan : Pastikan ada konek
si internet minimal GPRS saat berkirim email.

KONEKTIVITAS
Ragam koneksi yang dibenamkan pada ponsel musik ini sangat lengkap. Mulai dari Bluetooth, kabel data USB, TV Out, hingga koneksi Wi-Fi untuk internet. Koneksi seperti Bluetooth, kabel USB dan Wi-Fi dapat berjalan dengan baik ketika diuji coba. Saat dicolokkan ke komputer, ponsel bisa berfungsi sebagai mass storage dan media transfer. Untuk fungsi mass storage tak perlu menginstall software.
Pengujian : Menggunakan koneksi Wi-Fi milik Global Media untuk akses internet.
Nilai : 3,4.
Catatan : Kabel data USB menggunakan jenis micro USB.

MEMORI
Ponsel berbodi bongsor ini dibekali dengan kapasitas memori internal 81 MB. Jangan khawatir jika masih merasa kurang, memori eksternal bisa ditambah hingga kapasitas 16 GB. Memori sebesar itu memun
gkinkan pengguna leluasa menyimpan banyak file. Dalam paket penjualan, Nokia menjanjikan akan ada memori eksternal dengan kapasitas 8 GB. Untuk memasukkan memori eksternal bisa dilakukan dengan sistem hotswap. Letak slot memori ada di sebelah kanan ponsel.
Pengujian : Menyimpan file musik dan gambar pada memori eksternal berkapasitas 1 GB.
Nilai : 3,3.
Catatan : Agar kinerja ponsel tidak terganggu, sebaiknya simpan semua file di memori eksternal.

CONTACT BAR
Contact bar adalah fitur yang berfungsi sebagai akses langsung beberapa kontak yang paling sering dihubungi. Di layar ponsel contact bar muncul di bagian paling atas layar dalam bentuk icon bergambar ID kontak. Ada 4 buah kontak yang bisa disimpan pada contact bar. Untuk menampilkan contact bar pada layar, bisa melalui menu pengaturan personal, klik home screen menu, dan kemudian contact bar. Di masing-masing contact akan ada rekaman baik panggilan maupun SMS yang dilakukan.
Pengujian : melakukan panggilan melalui contact bar.
Nilai : 3.
Catatan : Pada contact bar juga tersedia semua detail dari kontak tersebut.

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
Love is...
© █♥..ukHra..♥█ - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace